Minggu, 29 Oktober 2017
KONDISI PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PERKEMBANGAN SOSIAl EMOSIONAL
ANAK
A. Berbagai
kondisi yang mempengaruhi prkembangan
sosial emosional anak
Menurut
Hurlock (1993), dalam mengungkapkan berbagai kondisi yang mempengaruhi
perkembangan sosial emosional anak menyebutkan
tiga kondisi utama berikut ini yaitu:
1. Kondisi
fisik
Apabilah kondisi keseimbangan tubuh terganggu karena kelehan,
kesehatan yang buruk atau perubahan yang berasal dari perkembangan maka mereka
akan mengalami emosi yang meninggi. Kondisi-kondisi fisik yang mengganggu
adalah sebagai berikut:
a. Kesehatan
yang buruk
b. Kondisi
yang merangsang
c. Setiap
gangguan kronis
d. Perubahan
kelenjar
2. Kondisi
psikologi
Kondisi psikologi dapat
mempengaruhi emosi, antara lain tingkat intelegensi, tingkat aspirasi dan
kecemasan. Berikut adalah penjelasannya.
a. Perlengkapan
intelektual yang buruk, anak yang tingkat intelektualnya rendsah atu rata-rata
mempunyai pengendalian emosi yang kurang dibandingkan dengan anak yang pandai
pada tingkat yang sama .
b. Kegagalan
mencapai tingkatan aspirasi. Kegagalan yang berulang-ulang dapat mengakibatkan
timbulnya keadaan cemas, sedikit atau banyak.
c. Kecemasan
setelah pengalaman emosi tertentu yang sangat kuat. Sebagai contoh akibat
lanjutan dari pengalaman yang menakutkan akan mengakibatkan anak takut kepada
setiap situasi yang dirasakan mengancam.
3. Kondisi
lingkungan
a. Ketegangan
yang disebabkan oleh pertengkaran dan perselisihan yang terus menerus
b. Ketegangan
yang berlebihan serta disiplin yang oteriter
c. Sikap
orang tua yang selalu mencemaskan atau terlalu melindungi
d. Suasana
oteriter di sekolah
Sedangkan
menurut Atang Setiawan (1995), factor
penyebab terjadinya gangguan tingkah laku adalah sebagai berikut.
a) Efek
disiplin orang tua yang terlalu kuat
b) Hukuman
terhadap respons sosial yang kurang tepat
c) Konsekensi
pemberian hadiah sebagai ganjaran bagi tingkah laku yang mengisolasi diri dari
orang lain.
d) Kurangnya
kesempatan untuk belajar dan melatih kealian
e) Adanya
contoh-contoh tingkh laku yang tidak pantas
B. Penciptaan
kondisi ideal bagi pengembangan sosial emosional anak
Perkembangan
emosi anak usia prasekolah sangat kuat sekali. Pada usia tersebut keadaan emosi
anak penuh dengan ketidakseimbangan karena anak-anak mudah ke luar dari fokus, dalam arti mereka
sulit dibimbing dan diarahkan. Berbagai penyebabnya cukup banyak sebagaimana
yang telah diuraikan, tetapi sebagian emosi yang kuat pada priode ini dapat
disebabkan oleh kelehan akibat aktivitas fisik maupun psikologi yang terlalu
tinggi.
Menciptakan kondisi yang dapat
menjamin perkembangan sosial emosional anak secara positif. Perkembangan
positif dalam konteks perkembangan emosi, maksudnya adalah mampu mrenciptakan
dan menyediakan kondisi yang dapat menjamin terkendalinya ekspresi emosi dari
setiap anak sehingga emosi anak terlindungi, lebih stabil, dan seimbang, serta
wajar dalam tampilannya.